Diagram Alur Proses Delivery

Diagram Alur Proses Delivery


Berdasarkan gambar alur proses dokumen pengiriman barang diatas dapat dijelaskan sebagai berikut: 

1. Marketing 

Setelah melakukan berbagai macam proses penawaran hingga ada pembelian produk dari customer, maka akan diadakan pengiriman barang. Bagian marketing membuat planning kapan pengiriman kapan pengiriman barang akan dilakukan.

2. Administrasi gudang 

Admin gudang mengecek data order pengiriman barang yang diberikan oleh bagian marketing. Setelah pengecekan, admin gudang memberikan laporan pada bagian logistik serta membuat Surat Perintah Muat dan diserahkan kepada driver. 

3. Logistik 

Karyawan logistik melakukan pengecekan driver dan armada yang akan digunakan untuk mengirim barang. Jika sudah mengirim barang. Jika sudah siap, surat jalan dibuat surat jalan dibuat dan proses muat barang dilakukan dan proses muat barang dilakukan dan barang siap untuk dikirimkan. Setelah driver sampai di tujuan, dilakukan bongkar di tujuan, dilakukan bongkar barang serta barang serta driver memberikan Surat Jalan kepada customer (driver meminta Copy-an nya sebagai bukti pengiriman). Bagian logistik memberikan info bukti pengiriman kepada bagian admin gudang. 

4. Administrasi gudang 

Bagian admin gudang akan menginput data do balik dari bagian logistik dan menginformasikan bagian logistik dan menginformasikan kepada bagian marketing. 

5. Finance 

Bagian finance bertugas melakukan semua pembayaran, penagihan atau transaksi yang berkaitan dengan kegiatan perusahaan. Di sini finance bertugas melakukan penagihan atas pengiriman barang pada customer.

Comments

Popular posts from this blog

HTML to Figma dengan Builder.io

Cara Membuat Flow Chart Menggunakan Draw.io